Tata Cara Pendaftaran SNMPTN (2018)



Salah satu jalur masuk perguruan tinggi yaitu SNMPTN. Jalur ini menggunakan nilai rapot, pendaftarannya itu online dan bisa di akses di mana saja dan kapan saja. Jalur lain yaitu SBMPTN, Ujian Mandiri, dan jalur yang disediakan khusus dari PTN/PTS. Meski menggunakan nilai rapot, tapi sobat jangan lantas puas diri, ya. Karena proses kelulusan pada jalur ini tidak ada yang paham betul, kecuali para panitia pusat. Sok, misterius gitu, hohoho. Jadi, mending persiapin tuh SBMPTN atau ujian tulis lainnya.
Nah, bagi yang masih bingung, ragu-ragu, atau belum tahu apa aja yang perlu dipersiapkan, sobat bisa intip langkah-langkah pendaftaran SNMPTN 2018 (Reguler) di bawah ini.
Untuk pendaftaran SNMPTN Bidikmisi beda lagi sobat, nanti kalau sempat saya akan post langkah-langkahnya.

1. Siapkan berkas-berkas
Meliputi: NISN dan password (ini diberikan oleh sekolah kepada tiap siswa), pas foto berwarna 4 x 6 ukuran minimal 400 (lebar) x 600 (tinggi) pixel, kartu keluarga, dan scan sertifikat-sertifikat (jika punya).

2. Masuk ke web resmi SNMPTN
Bisa diakses di snmptn.ac.id lalu klik Pendaftaran SNMPTN. Isi NISN dan password.


3. Lalu klik Formulir Pendaftaran
Jika tertulis, Anda tidak dapat mengikuti SNMPTN, silakan mengikuti SBMPTN 2018, itu artinya sobat nggak bisa daftar SNMPTN. Sabar ya, masih ada jalur lain, kok :) Semangat!


4. Pilih PT untuk pilihan ke-1
PT yang dipilih harus benar-benar PT yang paling sobat inginkan, ya. Lalu, klik selanjutnya.


5. Pilih Program Studi.
Pada PT ke-1, disediakan 2 pilihan prodi. Urutan prodi yang dipilih menentukan prioritas, lho. Jadi, yang diurutan pertama harus yang paling mantap, ya. Untuk prodi ke-2, sobat bisa pilih atau tidak, terserah. Kalau sudah, klik selanjutnya.


6. Pilih PT ke-2
Kalau sobat tidak memilih PT ke-2, bisa langsung klik selanjutnya.


7. Unggah pas foto terbaru 4 x 6
Supaya terlihat rapi, fotonya pakai seragam OSIS saja, ya, hohoho. Setelah klik selanjutnya akan muncul preview pas foto. Sobat bisa krop ulang kalau dirasa belum pas. Kalau udah pas ya, klik selanjutnya.


8. Isi formulir pendaftaran
Jangan sampai ada yang terlewatkan, ya. Pastikan data-data sobat sesuai. Lihat kartu keluarga untuk panduan input data orangtua. Karena nanti jika sobat lolos, pada saat registrasi harus menunjukkan bukti sumber datanya (berkas fisik). Jika sudah sesuai semua, klik selesai dan simpan.


Untuk SPP & UP (uang pangkal atau uang gedung) bisa ditanyakan ke Humas, TU, atau yang melayani pembayaran tersebut di sekolah.

9. Cek Ulang Formulir
Nah, di situ ada tulisan, Anda belum memasukkan daftar prestasi sama sekali. Pengisian ini tidak wajib, tapi sangat disarankan untuk melengkapinya. Silakan kunjungi halaman prestasi untuk memasukkan daftar prestasi Anda. Untuk cek, bisa langsung klik tab Prestasi.



10. Lampirkan daftar prestasi
Kalau sobat punya sertifikat Bantara, Laksana, purna organisasi atau ekstrakurikuler, atau sertifikat lomba-lomba, lampirkan saja. Itu bisa jadi poin plus, lho, karena menunjukkan keaktifan sobat sewaktu SMA.


Lampirkan satu per satu, maksimal 3 sertifikat terbaik yang sobat punya. Lalu klik simpan, dan hasilnya akan seperti ini:


Sudah semua? Kembali ke laman Formulir Pendaftaran. Jika sobat sudah yakin, bisa langsung klik Finalisasi Pendaftaran (lihat gambar poin 9). Jika belum yakin, bisa klik Ubah Pendaftaran.

11. Finalisasi Pendaftaran
Kalau sudah yakin, klik Finalisasi Pendaftaran. Maka akan muncul laman seperti ini:


Centang semua kolom jika benar-benar sudah yakin. Jika sudah klik tab merah itu, akan muncul laman serupa untuk meyakinkan sobat apakah akan finalisasi atau tidak. Dan jika sobat sudah klik finalisasi maka tidak akan bisa balik lagi, dan akan muncul laman seperti ini:



Selesai. Sekarang sobat bisa log out dan berdoa kepada Tuhan agar diberikan hasil yang terbaik. Aamiin.
Sekian tutorial sederhana ini, semoga bermanfaat. Mohon maaf bila ada kekeliruan, silakan tinggalkan pertanyaan atau krisar di kolom komentar dengan baik. Terima kasih.

Happy weekend, all :)

Sumber gambar: dokumen pribadi


Tata Cara Pendaftaran SNMPTN (2018) Tata Cara Pendaftaran SNMPTN (2018) Reviewed by Irma Chan on February 25, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.