Tata Cara Pendaftaran SPAN-PTKIN (2018)



SPAN-PTKIN. Ini adalah salah satu jalur pendaftaran PT, namun khusus untuk PT Islam Negeri, seperti UIN, IAIN, dan STAIN. Sederhananya, jalur ini versi lainnya SNMPTN, karena tidak dipungut biaya apa pun dan pendaftarannya menggunakan nilai rapot semester 1 sampai 5.
Pendaftaran SPAN-PTKIN 2018 ini udah dibuka sejak 1 Maret 2018, dan pendaftaran terakhir 29 Maret 2018. Pengumumannya 1 Mei 2018, sementara registrasi ke PTKIN masing-masing 22 Mei 2018.
Untuk cara pendaftarannya, SPAN-PTKIN lebih sederhana dan mudah dari SNMPTN. Yuk, cek langkah-langkahnya. Oh iya, saran dari aku, lebih baik daftar saat malam hari atau subuh. Karena kalau siang biasanya kena server lola (biasa banyak yang akses).

1. Siapkan berkas-berkas
Sobat perlu ID Pendaftaran dan password untuk log in pendaftaran. Biasanya panitia sekolah atau yang menangani pendaftaran ini yang memberinya (kalau semua siswa diikutsertakan SPAN-PTKIN), kalau hanya 'bagi siswa yang berminat', ya sobat harus mengajukan diri ke panitia. Lalu berkas lainnya, rapot, kartu keluarga (KK), pas foto 4 x 6 formal ukuran kurang dari 500 kb, dan scan sertifikat lomba-lomba jika ada.

2. Log in ke website resmi
Bisa diakses di http://span-ptkin.ac.id/page lalu klik tab Login Siswa. Masukan ID Pendaftaran dan password. Jangan sampai keliru, ya.


3. Cross check nilai rapot
Langsung klik tab Raport. Cocokan nilai sobat yang tertera di layar dengan nilai di rapot asli. Jika ada kesalahan segera hubungi panitia sekolah atau yang mengurus pendaftaran ini di sekolah. Kalau sudah benar semua, langsung klik Biodata.



4. Input Biodata
Masukan data diri sobat dengan benar, pas foto 4 x 6, dan data orang tua. Penghasilan orang tua bisa sobat tanyakan ke orang tua sobat, jangan ke orang lain atau tetangga ya, karena nanti akan berpengaruh dalam proses penentuan UKT (Uang Kuliah Tunggal yang dibayar tiap semester).


5. Pilih PTAIN
Sobat bisa pilih satu atau dua PTAIN. Untuk memilih PTAIN ke-1, pertama pilih PTAIN dengan mencarinya di wilayah 1, 2, 3, 4, 5, atau 6. Setelah itu, pilih program studi di tabel bagian kanan. Sobat bisa pilih satu atau dua prodi, terserah. Urutan prodi menentukan prioritas. Jadi, prodi pilihan pertama harus yang paling mantap, ya. Selanjutnya, croll ke bawah, klik kotak yang ada di sebelah 'Simpan' dan pilih 'Simpan PTAIN-1', lalu klik 'Simpan'.
Untuk memilih PTAIN ke-2, caranya sama, hanya saja sebelum disimpan, diubah dulu status yang berada di kotak sebelah 'Simpan' dari 'Simpan PTAIN-1' menjadi 'Simpan PTAIN-2'.


6. Lampirkan scan prestasi
Nah, untuk prestasi pada SPAN-PTKIN ini tidak bisa melampirkan sertifikat atau piagam purna organisasi atau ekstrakurikuler. Pilihan juaranya pun hanya Juara 1, 2, 3, dan Harapan 1, 2, 3. Jadi jangan memaksakan diri, ya kalau tidak punya.


7. Finalisasi pendaftaran
Cek lagi data-data yang telah sobat input. Kalau ada kekeliruan bisa diperbaiki di bagian Biodata. Kalau sudah sesuai dan mantap, bisa klik Finalisasi Data, dan setelah itu, sobat tidak bisa memperbaiki data lagi jika ada kesalahan.


Nah, setelah finalisasi, sobat bisa log out dan berdoa kepada Allah SWT. biar diberi hasil sesuai dengan yang sobat harapkan. Aamiin.
Yak, begitulah kira-kira langkah-langkah pendaftaran SPAN-PTKIN 2018. Terima kasih sudah berkunjung dan mohon maaf bila ada kekeliruan, saya masih manusia.
Untuk postingan selanjutnya Insya Allah mengenai tata cara pendaftaran SNMPTN Bidikmisi 2018.

Sekian. Sampai jumpa :)

Sumber gambar: dokumen pribadi
Tata Cara Pendaftaran SPAN-PTKIN (2018) Tata Cara Pendaftaran SPAN-PTKIN (2018) Reviewed by Irma Chan on March 07, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.