Suka Duka Ditolak SNMPTN #1

Halo, sobat Pancarobaku. Gimana kabar? Semoga sejahtera selalu dan jangan lupa bersyukur, ya. Aamiin.
Ugh, lama banget mimin nggak nulis karangan bebas. Akhirnyaaaaaa dikasih waktu dan kesempatan juga. Alhamudulillah hehe.
Yups, kali ini mimin hadir kembali membawa cendol—eh, tips dan curhatan seputar suka duka ditolak SNMPTN.

hasil penelusuran untuk meme ditolak

SNMPTN itu apa, Min?
SNMPTN itu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Ini adalah jalur pendaftaran pertama bagi kelas 12 yang mau lanjut kuliah di universitas negeri. Pakai nilai rapot semester 1 – 6. Nanti, sekolah akan meng-input semua data rapot siswa ke pusat SNMPTN. Lalu, panitian SNMPTN akan menyeleksi siapa aja yang bisa daftar. Jadi, memang nggak semua siswa bisa langsung daftar hehe. Kalau SMA akreditasi A kuotanya 50%, kalo akreditasi B 30 % dari seluruh siswa kelas 12 So, bagi kalian yang berminat ikut jalur ini, persiapkan nilai rapot sebaik mungkin, ya.

Nah, jadi, awal kisah, dulu mimin pengin banget ikut jalur ini. Secara, keren gitu diterima PTN karena nilai rapot kan berasa berguna banget tuh nilai rapotnya & belajar 3 tahun. Pasti kebanyakan orang tua dan orang lain pun menganggapnya begitu. Termasuk orang tua mimin wkwk. Tapi, mimin nggak begitu merjuangin nilai rapot banget. Ngga ikut bimbel apa pun. Cuma modal LKS dari sekolah & otak mimin yang pas-pasan ini.

Waktu pengumuman tiba. Alhamdulillah mimin bisa ikut daftar SNMPTN. Wuiiiihhhhh seneng bukan main. Peluang, kan, ya. Langsung deh gaskeuunnn. Pilihan pertama waktu itu Komunikasi Undip, kedua Bahasa & Sastra Indonesia Undip, ketika Ilmu Komunikasi Unsoed. Udah deh klik verifikasi pendaftaran. Dan mimin jadi pendaftar pertama tuh se-kelas 12 hahahahaha. Gaya banget sumpah wkwkwkwk. Lah, iya, tunggu apa lagi? Mimin kan emang dari kelas 12 pengin masuk Komunikasi Undip. Saking antusiasnya sama SNMPTN, mimin sampai bikin postingan Tata Cara Pendaftaran SNMPTN 2018. Klik aja itu kalau penasaran wkwk.

udah foto ijazah aja hm

Waktu pun berlalu ..... serangkaian jadwal padat, melelahkan, nun bikin migrain menuju UNBK pun mimin lewati. Tambahan pelajaran, pulang jam 5, simulasi UNBK, ujian sekolah. Belajar, belajar, dan belajar pagi siang malem. Pokoknya kerja lembur bagai quda.

Dan, tibalah hari bersejarah seluruh kelas 12. UNBK!
Alhamdulillah mimin melewatinya dengan aman dan nyaman. Walaupun kemaren Matematika bikin pengin nangis darah dan kayang di kursi wkwk. Pasrah deh. Oh, iya, jangan takut nanti kalau komputer sobat tiba-tiba mati. Ada komputer cadangan, kok. Tingga log in lagi aja, apa yang udah sobat kerjakan nggak akan ke-reset. Jangan lupa berdoa ketika masuk ruang ujian & sebelum mengerjakan. Baca bissmillah atau ayat Kursi atau al Baqarah, berdoa minta biar dipermudah.

UNBK berlalu. Libur panjang pun dimulai. Hingga akhirnya pengumuman SNMPTN pun tiba. Waktu itu mimin posisi lagi di RS, nemenin saudara yang lagi operasi kecil. Alhamdulillah operasi lancar. Tapi, mimin masih deg-degan. Keringat dingin. Mimin pun memutuskan pergi ke mushola. Sholat dhuha terus ngaji. Selesai itu, masih juga deg-degan. Mimin pun tidur di kasur pembesuk di ruang inap. Tapi tetep nggak bisa tidur. Sampai jam 5 pun tiba!

Ugh, gilaaaaaaaa..... tangan ini udah keringat dingin basah kuyup. Pegang HP juga gemetaran. Deg-degan. Limbung, kertas kartu SNMPTN lupa ngga dibawa. Untung inget ada yang .pdf juga di HP. Alay banget emang. Tapi, percayalah, paling nggak nanti sobat ngalamin gitu kok pas buka pengumuman SNMPTN, pengumuman apa pun malah wkwk.
Udah input nomor pendaftaran dan tanggal lahir. Baca ayat Kursi sambil liatin layar uwer-uwer, loading. Daaaannnnnn tara......... MERAH!


What?! Gue gagal SNMPTN?! Kok bisa, sih?! Sementara temen-temen yang peringkatnya di bawah gue lolos?! What do you mean?! Padahal gue kan masuk 5 besar kelas!

Pikir mimin waktu itu.
Seketika nyeri dada ini. Sakid banged. Sakidnya tiada tara ngelebihin ditolak gebetan. Selama di mobil di perjalanan pulang, mimin nangis diem-diem. Untung malem-malem, untung duduk sendirian di jok tengah. Pokoknya udah nggak ada mood buat senyum apalagi liat WA dari temen-temen yang pada nanyain hasilnya. HP matiin, posisi udah lowbat juga, sih.
Sampai di rumah, mandi, terus masuk kamar, kunci. Orang tua yang liat pada bingung.

Dan pas keluar buat ambil HP yang abis di cas. Ternyata HP-nya blank! OMG! HP RUSAK SELANG 2 JAM PENGUMUMAN SNMPTN. HP PUTIH MUNGIL AKU RUSAK!
Keesokan harinya........ NEXT


Tags:
pengalaman ditolak snmptn | ditolak snmptn | gagal snmptn 2018 | pengalaman snmptn | snmptn 2018 | pengalaman pribadi | pengalaman pendidikan | pengalaman sekolah | masa sma | pengalaman sma
Suka Duka Ditolak SNMPTN #1 Suka Duka Ditolak SNMPTN #1 Reviewed by Irma Chan on July 10, 2018 Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.