TOPAN MINI : AGNEZ MO

Halo, Sobat Pancarobaku. Bagaimana kabarnya? Piala Dunia tidak membuat dirimu baper kan? Hari ini 2 pemain terbaik dunia dalam kancah sepakbola harus undur diri terlebih dahulu dari pentas akbar 4 tahunan tersebut guys. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo gagal membawa negara mereka untuk meraih juara di Rusia. Jangan bersedih hati ya Sobat.

Tahukah kalian? Rubrik Timi Time kini berganti nama menjadi Topan Mini. Wah, asik banget kan? Topan Mini itu sebuah singkatan dari Tokoh Pancarobaku Minggu Ini. Berhubung kemarin kita sudah membahas tentang Sutardji Calzoum Bachri, kali ini kita akan mengulas sesosok figur musisi kebanggan dari tanah air. Cantik, lincah, suara merdu, berkarakter dan yang terpenting Go Internasional. Siapa dia? Yupss! Agnez Mo.


Tepat pada hari ini 1 Juli 2018, Agnez Mo merayakan ulang tahunnya yang ke-32 Tahun. Kami dari Pancarobaku mengucapkan selamat ulang tahun untuk Agnez Mo dan semoga selalu diberikan kesuksesan sehingga membawa nama baik Indonesia di mata dunia. Aamiin.

Selain memang terkenal berkat bakat dan kemampuannya dalam olah vokal, ada beberapa hal menarik lainnya loh Sobat seputar tokoh kita kali ini. Mau tahu apa saja fakta mengenai Agnez Mo? Simak hingga akhir ya. Semoga dapat menginspirasi dan memberikan motivasi untuk kita semua ya!

Masa Muda Agnez Mo

Agnes Monica Muljoto atau yang sekarang dikenal dengan Agnez Mo lahir di Jakarta, 1 Juli 1986 dari pasangan Ricky Suprapto dan Jenny Siswono. Agnez memiliki satu kakak laki-laki bernama Steve Muljoto. Kakaknya juga berperan ganda sebagai manajer dari Agnez ketika dia sudah mulai padat dengan berbagai rutinitasmya. Agnez adalah seorang penyanyi dan artis berkebangsaan Indonesia. Ia memulai kariernya di industri hiburan pada usia enam tahun sebagai seorang penyanyi cilik. Bayangkan Sobat, ketika berusia enam tahun apa yang sudah Sobat raih? Kalo Mimin di usia segitu sudah memenangkan lomba tamiya tingkat kampung dong.



Agnez telah merilis tiga album anak-anak yang berhasil mengantarkan namanya ke deretan penyanyi cilik populer di era 1990-an. Album-album tersebut adalah "Si Meong" (1992), "Yess!" (1995) dan "Bala Bala" (1996). Album kedua "Yess!" meraih penghargaan sebagai "Album Anak-Anak Terbaik" pada tahun 1999. Tak berhenti disitu saja ternyata, Agnez pun merambah profesi lain yaitu sebagai presenter acara anak-anak. Sebut saja "Tralala-Trilili", "VAN (Video Anak Anteve)" dan "Diva Romeo". Ketiga acara tersebut merupakan acara anak-anak yang dipandu oleh Agnes. Berkat itu, Agnes mendapat penghargaan sebagai Pembawa Acara Anak-Anak Terfavorit di ajang "Panasonic Awards" selama dua tahun berturut-turut (1999-2000). Kerja keras yang sangat luar biasa kan Sobat?

Pendidikan Agnez Mo

Agnes menempuh pendidikan sekolah dasar di SD Tarakanita Jakarta. Dia mengikuti berbagai kursus semenjak masih duduk di sekolah dasar, seperti kursus menyanyi, piano dan bahasa Inggris. Agnez melanjutkan studinya di SMP Pelita Harapan Jakarta. Agnez juga merupakan murid yang terkenal berkat prestasinya yang menonjol di bidang akademik. Hal ini sering membuatnya menerima banyak beasiswa.

Lulus dari SMP Pelita Harapan, Agnez menyelesaikan pendidikannya di sekolah yang masih satu yayasan dengan sekolah menengah pertamanya, yaitu SMA Pelita Harapan. Setelah lulus dari SMA Pelita Harapan, Agnez melanjutkan kuliah dengan mengambil jurusan Ilmu Hukum di Universitas pelita Harapan (UPH). Namun sayang, Agnez memutuskan untuk mundur dalam perkuliahannya di UPH dengan IPK terakhir 3,67. Meski mundur, bukan berarti Agnez tak ingin berurusan dengan dunia pendidikan lagi. Tak lama setelahnya, Agnes mengambil program Distance Education di Oregon States University (USO) jurusan Political Science.

Segudang Prestasi Ketika Remaja

Sinetron "Lupus Millenia" yang dibintangi Agnes Monica di tahun 1999 menandai terjunnya Agnez ke dunia seni peran. Agnez pun mulai menikmati lebih dalam menjadi aktris ketika menjadi pemeran utama sinetron "Pernikahan Dini" (2000) bersama Syahrul Gunawan. Perannya di sinetron itu membuatnya menang sebagai Aktris Terfavorit di "Panasonic Awards 2001" dan "Panasonic Awards 2002" serta penghargaan Aktris Ngetop di "SCTV Awards 2002". 

Tidak tanggung-tanggung, Agnez juga sukses menyabet beberapa penghargaan "Panasonic Awards" dan "SCTV Awards" sebagai buah dari kerja kerasnya berakting di sinetron "Cewekku Jutek" bersama Roger Danuarta, "Bunga Perawan" dan "Cantik" yang dilakoninya sepanjang tahun 2003. Tahun 2005, Agnez membintangi sejumlah judul sinetron seperti "Ku Tlah Jatuh Cinta", "Pink" dan "Kawin Muda". Dia juga sempat berakting di serial Taiwan, "The Hospital" (bersama Jerry Yan) dan "Romance In The White House" (bersama Peter Ho).

Menginjak remaja, Agnez mulai aktif kembali merilis album. Mulai dari "And the Story Goes" (2003), "Whaddup A'..?!" (2005), Nez (2008), "Sacredly Agnezious" (2009) dan "Agnes Is My Name" (2011). Tanggal 21 November 2010, Agnez mendapat kehormatan sebagai salah satu pembawa acara "American Music Awards 2010" yang diselenggarakan di Nokia Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat. Di acara tersebut dia juga berkesempatan berduet dengan musisi kelas atas Christian Chavez.



Memasuki tahun 2011, Agnez semakin fokus dengan karir internasionalnya. Ia dikontrak produser berkualitas asal Amerika, Greg Ogan. Tak hanya itu, Agnez juga didaulat menjadi teman duet penyanyi Amerika, Timbaland. Pelantun lagu "Paralyze" ini menjadi salah satu nominator di ajang bergengsi MTV Europe Awards 2011 dalam kategori World Wide Act Asia Pacific Nominees. 

September 2011, Agnez diundang Michael Bolton sebagai pasangan duetnya dalam lagu "Said I Loved You... But I Lied". Lagu tersebut direkam dalam album Bolton berjudul "Gems: The Duets Album" dan dirilis di seluruh kawasan Asia. Ia juga merilis video klip untuk lagunya yang berjudul "Rindu" di bulan yang sama.

Kepakkan Sayap Agnez dalam Karier Internasional

Akhir Februari 2012, Agnez tercatat memenangkan dua kategori dalam ajang Shorty Awards 2012 yaitu The Shorty Vox Populi Award dan Best Actress. Ia juga menjadi nominator kategori Favorite Asian Act pada ajang Nickelodeon Kids Choice Awards 2012. Namun sayang, saat itu Agnez harus kalah dari saingannya Charice, penyanyi asal Filipina. Kekalahan tersebut tak berlangsung lama Sobat. 30 November Agnes didapuk sebagai Best Asian Artist pada ajang penghargaan musik terbesar di Asia yaitu Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2012. Ia juga merilis singlenya "Muda" (Le O Le O) di bulan yang sama. 

Seakan tiada habisnya, pada tahun 2013 dibuka Agnez dengan kegiatan di luar negeri. Ia menghadiri Shorty Awards sebagai finalis pada 8 April. Agnes juga hadir di premiere "Oblivion" bersama para tamu undangan termasuk Tom Cruise, Morgan Freeman dan Olga Kurylenko. Salah satu putri bangsa  kita dapat bersanding dengan seniman tingkat dunia bung!

Sekembalinya ke Tanah Air, Agnes meluncurkan merk parfumnya Agnes REVE EDP pada 1 Juni 2013. Tak hanya itu, ia juga mengumumkan perilisan album "Agnez Mo" versi digital di saat yang sama. Selang dua bulan, 1 Agustus, album yang terdiri dari 10 lagu berbahasa Inggris tersebut dirilis dalam bentuk CD. September 2013 Agnes meluncurkan album internasionalnya kembali. Album yang diberi judul "Coke Bottle" tersebut berhasil menarik perhatian fans Agnes di seluruh dunia. Hal itu terbukti dari antusiasme fans di Twitter, #AgnezMoCokeBottle jadi trending topic dunia. Album ini berhasil menempati posisi puncak di Top 50 Trending Jams of the Month di situs Daily New Jams. Ia berhasil mengalahkan penyanyi kelas dunia lainnya.



Tahukah kalian Sobat? Mimin malah jadi ingat dengan generasi kita saat ini ketika membahas tentang Trending Topic. Sekilas terlintas dalam pikiran saya mengapa saat ini untuk menjadi terkenal itu terkesan mudah? Tak perlu kerja keras memikirkan suatu karya yang kreatif terkadang malah hanya modal nekat pun bisa terkenal di negeri ini. Sobat tentu kenal dengan Bowo kan? Ya, artis TikTok itu loh. Sebenarnya, tiada yang salah akan hal tersebut. Follower doi bejibun bosku. Namun, ketika menulis ini dan membayangkan antara kak Agnez Mo disandingkan dengan Mas Bowo yang ganteng itu kok rasanya miris ya. Tuh kan, Mas Bowo udah kaya Ebisu Sensei pelatihnya Naruto, Boruto dan Konohamaru. 

Hal Unik dari Agnez Mo

Di balik segudang prestasinya, Agnez Mo menyimpan banyak cerita unik loh sobat. Kalian pernah browsing atau melihat sendiri atau tidak berapa jumlah pengikut Agnez di Twitter? Berhubung Mimin penasaran, jadi akan Mimin beberkan langsung ya di sini.


Nah itu dia, hasil terkini dari tampilan sosial media gadis asal Jakarta tersebut. Followers Agnez Mo berhasil menembus angka 17,8 Juta Pengguna. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk di Provinsi DKI Jakarta pada tahun 2017, Followers Agnez masih unggul jauh. Berdasar data dari BPS, Penduduk DKI Jakarta pada tahun 2017 hanya mencapai angka 10,37 Juta jiwa. Masih kalah sebanyak 7,43 Juta orang jika ingin menyamai jumlah Followersnya. Apalagi kalau dibandingin dengan Kabupaten Cilacap yakan?

Selain itu, jika sobat memerhatikan dengan seksama terlihat bahwa akun Agnez Mo sudah mendapatkan tanda Verified Account dari Twitter. Suatu hal yang belum tentu didapatkan oleh banyak orang. Jadi, tidak perlu diragukan lagi jika Agnez Mo memang sudah mulai diakui oleh dunia.

Masih tentang prestasi, selama tahun 2004-2011 tercatat Agnez sudah meraih sekitar 30 penghargaan di bidang musik. Tahun 1999-2011 ada 11 penghargaan di bidang akting. Dan untuk penghargaan lainnya, termasuk dari berbagai media, ada 19 penghargaan mulai tahun 2002 sampai 2011. Hayo, dari tahun 2011-sekarang tentu sudah ada berbagai penghargaan lain yang di dapatkannya.

Agnez Mo juga menjadi trend loh. Entah itu dalam hal potongan rambut, gaya berpakaian maupun penampilan di panggung. Bahkan, penyanyi dari negeri tetangga, Stacy mendapat julukan "Agnes Monica Malaysia" akibat pengaruh Agnez pada dirinya. Agnez pun tertarik dalam hal tata busana. Ketertarikan Agnez dalam dunia busana mendorongnya untuk menekuni bisnis clothing line yang mendapat sambutan bagus. 

Menurut survei yang dilakukan majalah Cosmopolitan pada tahun 2010, Agnez merupakan penyanyi wanita terseksi di Indonesia. Ia juga sempat meraih Kartini Award dari Wanita Indonesia Tanpa Tembakau (WITT) dan World Health Organization (WHO). Agnez juga merupakan selebriti yang tertutup mengenai kehidupan pribadinya di media. Ia sering diterpa gosip menjalin hubungan khusus dengan sejumlah nama, namun tak satu pun yang ia konfirmasi.

Agnez juga telah terlibat dalam sejumlah kegiatan sosial. Ia melakukan kegiatan penggalangan dana untuk membantu para korban bencana, seperti di Sumatera Barat dan Situ Gintung. Agnez juga membantu menggalang dana senilai lebih dari Rp 400 juta untuk Persis, tim sepak bola Surakarta, melalui konser yang diadakan di Diamond Convention Center di Surakarta. Awal bulan Desember 2011, Agnes Monica mengadakan konser amal "Save A Teen Charity Concert", konser yang diadakan untuk membantu remaja-remaja yang putus sekolah. Hasil tiket yang ludes terjual diserahkan ke Sampoerna Foundation sebagai pemrakarsa acara untuk disumbangkan pada remaja-remaja yang yang membutuhkan.

Ada satu hal lagi yang menarik sobat, Agnez pun mengenalkan budaya kita ke luar negeri loh. Beneran Min? Iya, Mimin nggak boong kok. Nih buktinya.



Wah, paket lengkap pokoknya yah. Kabar terakhir Agnez Mo sedang dekat dengan penyanyi papan atas Chris Brown. Sekali lagi, Selamat Ulang Tahun Kak Agnez Mo. Semoga dapat selalu memberi inspirasi bagi kami para generasi muda Indonesia agar dapat berkarya dan diakui oleh dunia. Kerja keras, kegigihan, kreativitas, maupun jiwa sosial dari Agnez Mo semoga bisa kita ikuti bersama. 

Semoga sobat dapat terinspirasi dan tentunya kita semua dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi untuk ke depannya. Bila ada kekeliruan mimin mohon maaf, dan silakan perbaiki lewat kolom komentar. 

Terima kasih sudah berkunjung. 
Happy weekend, Sobat :)
TOPAN MINI : AGNEZ MO TOPAN MINI : AGNEZ MO Reviewed by Ruli Rukmana Sakti on July 01, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.